Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Subtema : 3. Bersyukur Atas Keberagaman
Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat mengidentifikasi keberagaman sosial di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan, Menyajikan laporan hasil percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi dengan percaya diri dan mandiri |
Tahukah Ananda bahwa banyak sekali makanan khas daerah di negeri kita ini? Berikut adalah beberapa contohnya. Ayo, kita kenali beberapa di antaranya!
Sekarang ayo ceritakan pengalamanmu dalam bentuk voice note atau video tentang makanan tradisional. Sampaikan asal daerahnya, bagaimana membuatnya, dan kapan biasanya masyarakat setempat mencicipinya.
Kirimkan hasilnya pada WA Bapak/Ibu Guru ya! Simaklah jawaban teman-temanmu, kamu juga boleh saling menanggapi agar pengetahuanmu tentang makanan tradisional semakin bertambah!
Ingatkah kamu bahwa bunyi memerlukan penghantar untuk bisa terdengar? Media penghantar untuk perambatan bunyi adalah udara, zat cair, dan benda padat. Tahukah kamu sifat-sifat bunyi lainnya? Ayo kita lakukan percobaan berikut!
Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi
Tujuan:Membuktikan macam-macam bunyi pantul melalui percobaan terhadap bunyi benda-benda sederhana dalam ruangan.
Alat dan Bahan:
Piring kaca, piring plastik, piring kaleng, gabus, dua tabung kertas, beberapa buku, dan arloji yang berdetak.
Langkah Kerja:
- Susunlah dua baris buku dengan ketinggian yang sama.
- Letakkan tabung-tabung di atas buku dengan hati-hati.
- Pegang arloji di telingamu. Dengar baik-baik untuk meyakinkan bahwa kamu mendengar dengan baik detak arloji.
- Letakkan arloji ke dalam salah satu tabung. Dengarkan dari ujung tabung yang lain. Apakah kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum arloji?
- Minta temanmu
untuk memegang piring atau benda lain di ujung tabung yang lain. Apakah sekarang kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum?
(Sumber: Buku Siswa Kelas IV Tema 1 - Indahnya Kebersamaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017)
Selanjutnya, coba kamu lakukan percobaan tersebut di rumah! Mintalah bantuan Ayah/Bunda untuk membimbingmu melakukan percobaan tersebut! Jangan lupa fotokan atau videokan kegiatanmu melakukan percobaan tersebut ya!
Setelah itu, buatlah laporan hasil percobaanmu pada buku tulis meliputi:
1. Nama percobaan : …………………………………..
2. Tujuan percobaan :……………………………………
3. Alat dan bahan : …………………………………..
4. Langkah kerja : ………………………………….
5. Hasil percobaan : ………………………………….
6. Kesimpulan : ................................................
Fotokan dan kirimkan laporanmu kepada Bapak/Ibu
guru ya!
Ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.Terima kasih, sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.
0 Komentar