KELAS 4

 Tema : 1. Indahnya Kebersamaan

Subtema : 3. Bersyukur Atas Keberagaman

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi keberagaman sosial di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan, Menyajikan laporan hasil percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi dengan percaya diri dan mandiri


Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengair sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Sudahkah Ananda sarapan pagi ini? Apa menu sarapanmu hari ini? Nah, salah satu makanan tradisional yang mudah kita temui sebagai menu sarapan pada pagi hari adalah nasi uduk. Nasi uduk biasanya disajikan dengan irisan bawang goreng, telur dadar, atau orek tempe. Nasi uduk merupakan makanan tradisional betawi.

Tahukah Ananda bahwa banyak sekali makanan khas daerah di negeri kita ini? Berikut adalah beberapa contohnya. Ayo, kita kenali beberapa di antaranya!

Sumber: https://youtu.be/WBM7TU5SOF8
Tentu masih banyak lagi makanan tradisional Indonesia yang pastinya enak rasanya dan menarik untuk kita ketahui.

Sekarang ayo ceritakan pengalamanmu dalam bentuk voice note atau video tentang makanan tradisional. Sampaikan asal daerahnya, bagaimana membuatnya, dan kapan biasanya masyarakat setempat mencicipinya.

Kirimkan hasilnya pada WA Bapak/Ibu Guru ya! Simaklah jawaban teman-temanmu, kamu juga boleh saling menanggapi agar pengetahuanmu tentang makanan tradisional semakin bertambah!


Di beberapa daerah, makanan tradisional ditawarkan penjual dengan berkeliling kampung. Terkadang mereka berteriak atau membunyikan alat menawarkan makanan tersebut. Suaranya nyaring terdengar. Bunyi-bunyi tersebut dapat terdengar karena merambat melalui media penghantar sampai ke telinga kita.

Ingatkah kamu bahwa bunyi memerlukan penghantar untuk bisa terdengar? Media penghantar untuk perambatan bunyi adalah udara, zat cair, dan benda padat. Tahukah kamu sifat-sifat bunyi lainnya? Ayo kita lakukan percobaan berikut!

Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Tujuan:

Membuktikan macam-macam bunyi pantul melalui percobaan terhadap bunyi benda-benda sederhana dalam ruangan.

Alat dan Bahan:

Piring kaca, piring plastik, piring kaleng, gabus, dua tabung kertas, beberapa buku, dan arloji yang berdetak.

Langkah Kerja:

  1. Susunlah dua baris buku dengan ketinggian yang sama.
  2. Letakkan tabung-tabung di atas buku dengan hati-hati.
  3. Pegang arloji di telingamu. Dengar baik-baik untuk meyakinkan bahwa kamu mendengar dengan baik detak arloji.
  4. Letakkan arloji ke dalam salah satu tabung. Dengarkan dari ujung tabung yang    lain. Apakah kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum arloji?
  5. Minta temanmu untuk memegang piring atau benda lain di ujung tabung yang lain. Apakah sekarang kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum?

(Sumber: Buku Siswa Kelas IV Tema 1 - Indahnya Kebersamaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017)

Selanjutnya, coba kamu lakukan percobaan tersebut di rumah! Mintalah bantuan Ayah/Bunda untuk membimbingmu melakukan percobaan tersebut! Jangan lupa fotokan atau videokan kegiatanmu melakukan percobaan tersebut ya!

Setelah itu, buatlah laporan hasil percobaanmu pada buku tulis meliputi:

1.    Nama percobaan       : …………………………………..

2.    Tujuan percobaan     :……………………………………

3.    Alat dan bahan         : …………………………………..

4.    Langkah kerja          : ………………………………….

5.    Hasil percobaan      : ………………………………….

6.    Kesimpulan            : ................................................

Fotokan dan kirimkan laporanmu kepada Bapak/Ibu guru ya!
Ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.Terima kasih, sampai jumpa besok!


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Posting Komentar

0 Komentar