KELAS 2

 Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 4. Bermain di Tempat Wisata

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan tentang aturan dan tata tertib ketika berkunjung ke kebun binatang, dan dapat menyelesaikan masalah pembagian bilangan cacah dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah. Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak, sekarang sudah mulai musim penghujan lagi. Sebelum belajar, mari lakukan kegiatan PSN bersama anggota keluarga untuk memberantas sarang nyamuk, dan kita bisa terhindar dari penyakit deman berdarah.

Setelah selesai melakukan kegiatan PSN, kita lihat cerita tentang Beni dan teman-teman yang pergi ke kebun binatang. Mari kita lihat ceritanya dengan dengan menyimak ini!

Sumber: https://youtu.be/ZUtGLy9rq9I

Wah seru sekali bisa melihat kebun binatang walaupun hanya dalam cerita. Setelah melihat video tadi, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

Anak-anak, pada video pergi ke kebun binatang tadi kita juga melihat penjelasan tentang pembagian kandang untuk para hewan di kebun binatang.

 
Berikut adalah data banyak hewan yang akan ditempatkan di kandang yang berbeda. Bantulah petugas kebun binatang untuk menghitung banyak hewan untuk beberapa kandang berikut!
Sebelum menutup pembelajaran hari ini, Bapak/Ibu guru memiliki informasi tambahan. Hari ini adalah pembelajaran terakhir dari tema 2. 

Setelah kita menyelesaikan materi di tema 2 ini, kita akan melaksanakan PTS (Penilaian Tengah Semester) pada tanggal 21-24 September 2020. 

Anak-anak persiapkan dengan baik ya, belajar dan latihan lagi agar lebih memahami materi yang telah kita pelajari. Untuk Ayah dan Bunda, mari kita sama-sama membimbing anak-anak kita supaya dapat menyelesaikan PTS dengan hasil yang maksimal.

Terima kasih

 

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Dr. Sri Handayani, MM

Rusto Wibowo, M.Pd

Jajaran Guru Penulis RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 4. Bermain di Tempat Wisata

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan kosa kata tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, dan dapat menyelesaikan masalah pembagian bilangan cacah, serta dapat mengelompokkan bahan alam dan bahan buatanyang digunakan untuk membuat hiasan bingkai foto.

Mari kita awali mencuci tangan kemudian membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Anak-anak, hari ini kita mulai lagi melaksanakan PSBB, berarti kita masih harus belajar di rumah dan sebaiknya tidak pergi ke tempat ramai. Tempat wisata juga di tutup kembali, kita tunda dulu untuk jalan-jalan bersama keluarganya ya.

Namun jangan sedih kita masih bisa berwisata lewat kegiatan hari ini, karena Bapak/Ibu guru mempunyai sebuah cerita tentang Beni dan teman-teman yang sedang pergi berwisata ke pantai. Mari kita langsung lihat ceritanya.

Sumber: https://youtu.be/DXyK1i_tp0I

Wah seru sekali ya ceritanya. Sekarang, mari kita jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan video cerita yang telah kita saksikan ya.

Tulis dengan rapi pada buku tulis kalian dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya.

Anak-anak, pada kegiatan ini kita akan belajar dan berlatih lagi tentang pembagian. Ada yang unik pada materi pembagian kali ini. Apa ya uniknya? Mari kita lihat bersama.

Sumber: https://youtu.be/oPDDp5FTIro

Untuk lebih memahami materi pembagian ini, jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!


Kerjakan dengan teliti dan rapi pada buku tulis kalian, dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya.

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 3. Bermain di Lingkungan Sekolah

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan aturan dalam bermain bola, serta dapat menyelesaikan masalah pembagian bilangan cacah dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah. Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak ada yang tau hari ini Jumat, 11 September di peringati hari apa? Ya, di peringati sebagai hari radio nasional atau hari RRI (Radio Republik Indonesia). RRI di dirikan beberapa bulan setelah Indonesia merdeka, RRI dulu menjadi sumber informasi perkembangan bangsa setelah Indonesia merdeka. 

Begitu juga dengan kemajuan tentang perkembangan olah raga sepak bola yang selalu disiarkan di Radio maupun TV untuk memberitahukan tentang kegiatan berlangsungnya olah raga sepak bola. 

Nah, hari ini kita akan belajar tentang aturan dalam bermain sepak bola, dan pembagian bilangan cacah. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak-anak hari ini kita akan menyaksikan cerita tentang aturan bermain bola. Pernahkah kamu bermain bola? Tahukah kamu dalam bermain bola juga ada aturannya? Untuk mengetahui apa saja aturan dalam bermain bola, langsung saja kita simak video dibawah ini.

Sumber: https://youtu.be/WlXXNoymJHY

Setelah melihat video tadi, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1.Tuliskan siapa yang berhak menyentuh bola dengan tangan pada saat bermain sepak bola!

2. Tuliskan 3 tata tertib dalam bermain bola!

3. Tuliskan manfaat mentaati aturan dalam bermain bola!

4. Jika dalam permainan sepak bola kita melakukan pelanggaran akan mendapatkan hukuman. Bagaimana jika kita melanggar peraturan di sekolah?

Anak-anak pada video yang telah kita saksikan sebelumnya juga terdapat pembagian. Sekarang kita berlatih lagi untuk menyelesaikan masalah pembagian bilangan cacah agar lebih paham.

 
Selamat mengerjakan anak-anak! Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih. Sampai jumpa!

 Tugas Menjadi Penyiar

Sehubungan dengan memperingati hari RRI (Radio Republik Indonesia) dimana dulu menjadi sumber informasi perkembangan bangsa Indonesia, anak-anak di minta untuk bermain peran sebagai seorang penyiar berita. Wah pasti seru nih, anak-anak boleh melakukannya bersama keluarga. Tema siaran yang dibawakan tentang Covid 19/Kesehatan/BDR. Anak-anak boleh memilih salah satu dari tema yang sudah di tentukan. Buat video/rekaman suara semenarik mungkin, kemudian kirimkan hasil video kalian kepada Bapak/Ibu guru pada hari Senin, 14 September 2020.

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 3. Bermain di Lingkungan Sekolah

Tujuan Pembelajaran

Melalui video peserta didik dapat menuliskan kosa kata tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, dan dapat menjelaskan aturan dan tata tertib di sekolah, serta dapat memraktikan gerak non-lokomotor mendorong dan memutar badan dengan permainan estafet bola.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah. Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, hari ini kita akan menyaksikan cerita tentang Dayu dan Mey. Pada cerita ini kita akan belajar aturan di sekolah. Langsung saja kita simak ceritanya dengan di bawah ini ya.

Sumber: https://youtu.be/bUpkB9y_oUU

Setelah melihat video tadi, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Tuliskan siapa sajayang bertanggung jawab membersihkan kelas?

2. Tuliskan 2 ciri-ciri lingkungan kelas tidak sehat!

3. Tuliskan 2 cara untuk menjaga lingkungan tetap bersih!

4. Tuliskan 3 aturan saat bermain di sekolah!

Setelah belajar aturan di sekolah, sekarang kita lanjut belajar tentang gerak non-lokomotor mendorong dan memutar badan dalam permainan estafet bola, yeay...

Karena hari ini masih dalam suasana Hari Olahraga Nasional (Haornas) Simak video berikut ini untuk mengetahui cara bermainnya ya.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=dXZgPhhsVuw

Wah seru ya permainan estafet bolanya.

Sekarang jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1.Buatlah video/foto melakukan gerakan saling mendorong dengan menggunakan alat yang ada di sekitaran rumah kalian sebagai pengganti bola!

2.Buatlah vide/foto gerakan memutar badan dengan 3 X 8 hitungan!

Kerjakan dengan teliti dan rapi, kemudian kirimkan hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya. Setelah itu jangan lupa untuk membereskan kembali alat dan tempat belajar kalian ya.

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini. Terima kasih, sampai jumpa di pembelajaran berikutnya!

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

 

 

 

 

  





 
 
 
 Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 3. Bermain di Lingkungan Sekolah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan kosa kata tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, dan dapat membuat gambar imajinatif tentang menjaga kebersihan lingkungan, serta dapat menyelesaikan masalah pembagian bilangan cacah dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Anak-anak hari ini Rabu, 9 September 2020 diperingati sebagai Hari Olah Raga Nasional (HAORNAS). Untuk memperingati HAORNAS, sebelum belajar mari kita lakukan olahraga ringan agar badan kita juga menjadi lebih segar. Lakukan bersama anggota keluarga di rumah ya supaya lebih seru. Hari ini kita akan belajar tentang menjaga kebersihan lingkungan sekolah, kemudian kita akan membuat gambar tentang kebersihan, dan belajar lagi tentang pembagian bilangan cacah. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Anak-anak, kemarin kita sudah menyaksikan cerita tentang Beni menegur Udin dan Dayu yang melanggar aturan dan tata tertib sekolah, yaitu mengeluarkan baju seragam dan membuang sampah sembarangan. Dengan membuang sampah sembarangan berarti kita tidak menjaga kebersihan lingkungan.

Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah? Mari kita lihat cara menjaga kebersihan sekolah dengan menyimak video di bawah ini.

Sumber: https://youtu.be/_mMbilQhFuY

Setelah melihat video tadi, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!


Jika sudah selesai, mari kita lanjutkan ke kegiatan berikutnya!

Anak-anak, pada kegiatan ini kita masih belajar tentang pembagian. Jika kemarin kita sudah belajar tentang pembagian dengan pengurangan berulang, hari ini kita akan belajar pembagian dengan merubah ke bentuk perkalian.

Bagaimanakah cara lain itu, mari kita lihat video penjelasnnya.

Sumber: https://youtu.be/R9vdcFJ9PzQ

Wah ternyata beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan masalah pembagian ya. Supaya lebih paham dengan masalah pembagian, kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!

Kerjakan dengan teliti dan rapi, kemudian kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini. Terima kasih, sampai jumpa di pembelajaran berikutnya!

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 3. Bermain di Lingkungan Sekolah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan aturan yang terdapat di sekolah, serta dapat menyelesaikan masalah pembagian bilangan cacah.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah.

Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Anak-anak hari ini kita akan belajar tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, kemudian kita juga akan membuat gambar tentang lingkungan sehat, lalu dilanjutkan dengan belajar tentang pembagian bilangan cacah dengan cara pengurangan berulang.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini. Sebelum belajar persiapkan dengan baik alat belajar kalian masing-masing ya. Jadilah anak-anak yang mandiri dalam menyiapkan alat-alat belajar.

Anak-anak, pada kegiatan ini kita akan belajar tentang aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Bapak/Ibu guru mempunyai cerita tentang Beni dan teman-teman yang sedang membahas aturan dan tatatertib di sekolah. Mari kita saksikan sama-sama cerita Beni dan teman-teman di sekolah.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=G_gIy8ImzAU&t=186s

Seru sekali cerita Beni dan teman-teman di sekolah, kita jadi tahu apa saja aturan dan tata tertib yang ada di sekolah yang harus kita patuhi ya.

Sekarang mari kita jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai dengan video yang telah kita saksikan!

Tulis dengan rapi pada buku tulis kalian, dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya.

Anak-anak, kemarin kita sudah belajar tentang pembagian bilangan cacah. Pada kegiatan ini kita juga akan belajar lagi tentang pembagian bilangan cacah namun dengan bentuk soal cerita. Untuk melihat penjelasannya simak video di bawah ini.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=98gtbqlwfd8

Setelah melihat video penjelasan tadi, mari kita jawab soal-soal di bawah ini dengan menggunakan pengurangan berulang!

 Kerjakan dengan teliti dan rapi ya anak-anak!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini. Terima kasih, sampai jumpa di pembelajaran berikutnya!

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 3. Bermain di Lingkungan Sekolah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan kosa kata tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, dan dapat menyelesaikan masalah pembagian bilangan cacah, serta dapat membuat karya imajinatif berupa gambar dari gabungan bentuk dengan menarik.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Anak-anak hari ini kita akan belajar tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, kemudian kita juga akan membuat gambar tentang lingkungan sehat, lalu dilanjutkan dengan belajar tentang pembagian bilangan cacah dengan cara pengurangan berulang. 

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Sebelum belajar persiapkan dengan baik alat belajar kalian masing-masing ya. Jadilah anak-anak yang mandiri dalam menyiapkan alat-alat belajar.

Anak-anak, kebersihan lingkungan kita sangat penting untuk dijaga agar terhindar dari berbagai penyakit. Tahukah anak-anak bagaimana ciri lingkungan sehat dan tidak sehat itu?

Mari kita simak penjelasan tentang lingkungan sehat dan tidak sehat berikut ini!

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=fn0Fri3cNzw

Setelah menyaksikan video tadi, kita jadi mengetahui ciri dari lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak terhadap video tadi, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

Anak-anak, kemarin kita sudah belajar tentang perkalian, hari ini kita akan belajar tentang pembagian bilangan cacah. Kita akan belajar pembagian dengan teknik pengurangan berulang. Mari kita lihat bersama carapengurangan berulang dengan klik link video di bawah ini!

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=qHl_U87-SFw

Wah, seru sekali melakukan pembagian dengan pengurangan berulang. Sekarang jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara pengurangan berulang!

Kerjakan dengan teliti dan rapi, kemudian kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya! Setelah itu jangan lupa untuk membereskan kembali alat dan tempat belajar kalian ya!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini. Terima kasih, sampai jumpa di pembelajaran berikutnya!

 

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 2. Bermain di Rumah Teman

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menjelaskan aturan dan tata tertib dirumah teman, dan dapat mempraktikan gerak non-lokomotor menarik dengan permainan tarik-tarikan, serta dapat menuliskankalimat dengan kosa kata tertentu dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini. Sebelum belajar persiapkan dengan baik alat belajar kalian masing-masingya. Jadilah anak-anak yang mandiri dalam menyiapkan alat-alat belajar.

Anak-anak sudah semangat belajar? Hari ini kita akanmelihat cerita tentang Beni dan Udin bermain di rumah Edo. Pada cerita ini kita akan belajar tentang aturan bertamu ke rumah teman. Kita akan belajar tentang aturan dalam bermain permainan tarik-tarikan, kemudian kita akan belajar kosa kata tentang keberagaman benda. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Sebelum belajar persiapkan dengan baik alat belajar kalian masing-masing ya. Jadilah anak-anak yang mandiri dalam menyiapkan alat-alat belajar.

Anak-anak, hari ini kita akan menyaksikan cerita tentang Beni dan Udin bermain di rumah Edo. Pada cerita ini kita akan belajar aturan ketika bermain di rumah teman. Langsung saja kita simak ceritanya dengan klik link di bawah ini.

Setelah menyaksikan cerita tentang Beni dan teman-teman bermain di rumah Edo, jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Tuliskan dengan rapi pada buku tulis kalian, dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya!

Setelah belajar aturan ketika bermain di rumah teman, kita lanjut belajar tentang gerak non lokomotor, yaitu gerak menarik dalam permainan tarik tarikan dan kegunaan benda. Simak video di bawah ini untuk mengetahui cara bermain permainan tarik-tarikan dan kegunaan benda yang ada di sekitar kita.

Wah, seru ya permainan tarik-tarikannya. Sekarang lakukan permainan tarik-tarikan dengan anggota keluarga di rumah! Lakukan dengan hati-hati.

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada Ayah/Bunda yang sudah menemani dan membimbing anak-anak belajar hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa!

 

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 2. Bermain di Rumah Teman

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan kosakata tentang wujud benda, dan dapat menyelesaikan masalah perkalian bilangan cacah dengan menggunakan tabel perkalian dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini. Sebelum belajar persiapkan dengan baik alat belajar kalian masing-masingya. Jadilah anak-anak yang mandiri dalam menyiapkan alat-alat belajar.

Anak-anak, hari ini Bapak/Ibu guru memiliki cerita tentang Benidan teman-teman yang bermain di rumah Dayu dan bermain pesawat terbang bersama. Pada cerita ini nanti kita akan belajar tentang kosa kata baru baru mengenai wujud benda. Langsung saja kita simak ceritanya di bawah ini.

Sumber: https://youtu.be/571OB6Ecy3w

Setelah tadi kita saksikan cerita tentang Beni dan teman-teman yang berlatih menari di rumah Dayu, mari kita jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!


Tulis dengan rapi pada buku tulis kalian dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak, kita sudah belajar dan berlatih tentang perkalian bilangan cacah, hari ini kita akan bermain tebak bilangan pada tabel perkalian bilangan cacah. Simak video di bawah ini untuk melihat cara bermain dan mengisinya ya.


Sumber: https://youtu.be/NI2pFHY5ktE

Setelah kita tadi melihat contoh cara mengisi teka teki tabel perkaliannya, sekarang kita isi juga kolom yang lain yang masih tertutup benda ya.

 

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada Ayah/Bunda yang sudah menemani dan membimbing anak-anak belajar hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa!

 

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta







 

 

Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 2. Bermain di Rumah Teman

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan kosakata tentang keberagaman benda yang ada di lingkungan sekitar, dan dapat menjelaskan aturan dan tata tertib ketika bermain di rumah teman, serta dapat menyelesaikan masalah perkalian bilangan cacah dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Anak-anak sudah semangat belajar? Hari ini kita akan melanjutkan cerita tentang bermain di rumah Udin, kali ini ada Dayu dan Mey yang datang membawa simpai untuk bermain bersama dan membuat jus jambu. Kita akan belajar kosa kata baru tentang keberagaman benda, kemudian kita juga akan belajar tentang aturan ketika bermain di rumah teman, serta belajar perkalian dengan angka 2.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini. Sebelum belajar persiapkan dengan baik alat belajar kalian masing-masing ya. Jadilah anak-anak yang mandiri.

Anak-anak, kemarin kita sudah melihat cerita tentang memetik jambu di rumah Udin, hari ini ada lanjutan ceritanya. Ada Dayu dan Mey yang baru datang untuk bergabung bermain bersama. Mari kita langsung lihat ceritanya di bawah ini.


Sumber: https://youtu.be/YNaY_k36FkU

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak terhadap cerita tadi, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Pada video yang tadi telah kita saksikan juga ada perkalian dengan 2, 1, dan 0.

Mari kita jawab soal-soal di bawah ini dengan benar!


Tulis dengan rapi pada buku tulis kalian, dan kirim hasilnya kepada Bapk/Ibu guru ya!

Anak-anak, setelah mengerjakan soal tadi, kita harus selalu ingat bahwa:


Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada Ayah/Bunda yang sudah menemani dan membimbing anak-anak belajar hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa!

 

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 2. Bermain di Rumah Teman

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan kosa kata keberagaman benda melalui eksplorasi lingkungan, dan memraktikkan gerakan memetik jambu dalam tari, serta dapat menyelesaikan masalah perkalian bilangan cacah dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak kita bertemu lagi setelah kemarin kita libur. Biasanya pada saat libur kita bermain bersama teman-teman, namun karena kondisi yang masih pandemi ini, kita menjadi lebih dibatasi untuk bermain bersama teman-teman dan berkumpul agar mencegah penularan virus corona.

Hari ini Bapak/Ibu guru memiliki cerita tentang teman-teman Udin yang bermain ke rumah Udin untuk memetik jambu. Langsung saja kita lihat ceritanya pada video bawah ini.


Sumber: https://youtu.be/Le0rkDI2o-M

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak mengenai video yang tadi kita saksikan, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

(*untuk tugas nomor 6 boleh dikumpulkan dalam bentuk video pendek atau beberapa foto melakukan gerakan dan digabungkan menjadi satu foto)

Anak-anak pada video yang telah kita saksikan tadi juga terdapat perkalian tentang jambu-jambu yang didapat oleh udin dan teman-teman. Kita berlatih lagi untuk menyelesaikan masalah perkalian bilangan cacah agar lebih paham. 

Tulislah bentuk perkalian dan tentukan hasilnya! 

Selamat mengerjakan!

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada Ayah/Bunda yang sudah menemani dan membimbing anak-anak belajar hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa!

 


 

 

 

 Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 1. Bermain di Lingkungan Rumah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan kosa kata tentang wujud benda berdasarkan pengamatan dilingkungan rumah, melaksanakan aturan dalam bermain, serta dapat menyelesaikan masalah perkalian bilangan cacah dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, kemarin kita sudah belajar sambil bermain dengan meniup balon, hari ini kita akan belajar kosa kata baru tentang wujud benda melalui cerita tentang Beni dan Edo Bermain Pistol Air. Mari kita langsung simak ceritanya di bawah ini.


Sumber: https://youtu.be/fu7uokzYzmQ

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak terhadap video yang tadi kita sudah saksikan, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

 Tuliskan dengan rapi pada buku tulis kalian, dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya!

Anak-anak pada video yang telah kita saksikan tadi, kita juga sudah menyanyikan lagu belajar perkalian. Dengan menyanyi belajar perkalian ini, kita jadi lebih mudah mengingat perkalian seperti aturan minum obat ya, supaya kita tidak keliru dan bingung lagi untuk menuliskan perkalian dengan benar.

Tugas anak-anak pada kegiatan ini adalah tulislah perkalian berikut dalam bentuk penjumlahan, kemudian tentukan hasilnya ya!

 Tuliskan dengan teliti dan rapi pada buku tulis kalian, dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru yaa.

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada Ayah/Bunda yang sudah menemani dan membimbing anak-anak belajar hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa!

 

 

 

 Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 1. Bermain di Lingkungan Rumah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan kosa kata tentang benda gas berdasarkan cirinya melalui percobaan yang dilakukan, dan dapat memraktikkan gerakan non lokomotor pada permainan sederhana, serta dapat menentukan kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan sesuai aturan di rumah dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak kemarin kita sudah melakukan percobaan dengan menggunakan benda padat dan benda cair. Hari ini kita akan belajar tentang kosa kata pada wujud dan sifat benda lainnya, yaitu benda gas. Apakah benda gas itu?

Sebelum menyaksikan videonya, kita siapkan bahan untuk percobaannya ya.

1. Balon

2. Kantong plastik 

*jika tidak ada balon, bisa menggunakan plastik dan kantong kresek.

Untuk mengetahui penjelasannya kita langsung simak video berikut ini ya.

Sumber: https://youtu.be/TxhDUnH3j6I

Setelah menyaksikan video tadi, Bapak/Ibu guru ingin mengetahui pemahaman kalian mengenai materi yang telah disaksikan. Susunlah kata berikut menjadi kata yang benar!

 
Tulis dengan rapi pada buku tulis kalian dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya.

Pada video yang telah kita saksikan tadi, ada permainan menggunakan balon (bola) yang dijepit di antar kedua kaki. Nama permainannya adalah Kepala Pundak Lutut Kaki.

Dalam permainan ini terdapat gerakan non lokomotor. Dalam video itu juga terdapat beberapa aturan yang ada dalam permainan dan aturan yang ada di rumah Roni.

Tugas anak-anak pada kegiatan ini adalah:

            1. Lakukan gerakan non lokomotor dengan permainan Kepala Lutut Pundak Kaki bersama dengan anggota keluarga kalian. (Tugas boleh dikirimkan dalam bentuk video, atau foto gerakan-gerakan yang ada dalam permainan Kepala Pundak Lutut Kaki, kemudian gabungkan foto-foto gerakan tadi menjadi 1 foto/bentuk kolase)

Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini.Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. 

Terima Kasih, sampai jumpa!

 

 

 

  Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema : 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema : 1. Bermain di Lingkungan Rumah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menjelaskan sifat benda berdasarkan cirinya melalui percobaan yang dilakukan, dan dapat melaksanakan aturan di rumah untuk merapikan kembali alat belajar, serta dapat menyelesaikan masalah perkalian bilangan cacah dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, hari ini kita akan belajar tentang sifat benda dengan melakukan percobaan. Sebelum melakukan percobaan, kita akan bermain tebak-tebakan benda terlebih dahulu. Wah pasti seru ya!

Sekarang kita lihat langsung permainan tebak gambar dan percobaannya dengan menyimak video di bawah ini yaa..

Sumber: https://youtu.be/0aUMDyU2Di4

Tulis dengan rapi pada buku tulis kalian, dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru yaa..

Anak-anak kemarin kita sudah belajar tentang perkalian. Pada kegiatan ini kita akan berlatih lagi tentang perkalian bilangan cacah agar lebih paham.

 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar!
Terima kasih, sampai jumpa di pembelajaran berikutnya.
 
 
 
 
 
 
 
 Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Kelas:II

Tema : 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema : 1. Bermain di Lingkungan Rumah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menguraikan kosakata dan konsep tentang keberagaman benda yang ada di lingkungan sekitar, serta dapat menjelaskan aturan dan tata tertib ketika bermain di rumah dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, kemarin kita sudah melihat Beni dan Tiur yang bermain perahu kertas, hari ini kita juga akan melihat Beni dan Tiur melakukan permainan simpai. Apakah anak-anak sudah pernah mendengar kata simpai? Apakah anak-anak pernah memainkan permainan simpai ini? Bapak/Ibu guru mempunyai video Doraemon yang sedang bermain simpai bersama dengan Beni dan Tiur. Wah seru ya, langsung saja kita lihat videonya dengan di bawah ini.

Sumber: https://youtu.be/be7onopyvBE

Wah, seru sekali melihat cerita bermain simpai tadi ya. Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Tuliskan dengan rapi pada buku tulis kalian, dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya.

Pada video yang tadi telah kita saksikan juga ada cerita tentang Beni dan Tiur yang berlatih bermain simpai hingga sore hari. Ketika kita bermain di rumah ada aturan yang harus kita patuhi. Aturan adalah sesuatu yang harus dilaksanakan. Aturan akan membuat kita tertib. Aturan di rumah dibuat oleh orang tua, dan harus dipatuhi oleh anggota keluarga.

Mari kita jawab pertanyaan di bawah ini sesuai dengan video yang telah kita saksikan tadi dengan benar!

Anak-anak jangan lupa juga untuk lebih disiplin dalam mengatur waktu, seperti waktu untuk belajar, makan, mandi, beribadah, dan lain-lain agar hidup kita lebih teratur ya.
 
 
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar!
Terima kasih, sampai jumpa di pembelajaran berikutnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Kelas: II

Tema: 2. Bermain di Lingkunganku

Subtema: 1. Bermain di Lingkungan Rumah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menentukan tanda ketukan nada pada lagu anak, dan dapat menguraikan kosakata tentang keberagaman benda, serta dapat menyelesaikan masalah perkalian yang melibatkan bilangan cacah dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, bagaimana liburan kalian kemarin? Anak-anak siapa yang suka pergi ke pantai? Di sana kita bisa melihat pantai, laut, dan juga perahu. Pada kegiatan ini kita akan memulai pembelajaran dengan bernyanyi lagu yang berjudul Berdayung, kemudian Bapak/Ibu guru juga mempunyai cerita tentang Beni dan Tiur yang sedang bermain perahu kertas. Langsung saja kita lihat videonya di bawah ini

Sumber: https://youtu.be/45mm25ox4xU

 Setelah menyimak video tersebut, coba kerjakan latihan berikut ini!

Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang penjumlahan dan pengurangan. Pada kegiatan ini kita akan belajar tentang perkalian. Perkalian merupakan penjumlahan berulang. Supaya lebih jelas, kita lihat materi penjelasannya dengan menyimak  video di bawah ini.

 

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, kerjakan soal-soal di bawah ini!


Tulis dengan rapi pada buku tulis kalian, dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya!
 
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar!
Terima kasih, sampai jumpa di pembelajaran berikutnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas: II

Tema : 1. Hidup Rukun

Pembelajaran: Penilaian Harian Tema 1

(Bahasa Indonesia dan Matematika)

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat merinci ungkapan, kalimat ajakan, perintah dan penolakan yang ada dalam cerita, dan dapat menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak masih dengan semangat kemerdekaan, biasanya kita melaksanakan lomba-lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan seperti lomba balap karung, makan kerupuk, dan balap kelereng. 

Pada kegiatan ini Bapak/Ibu guru memiliki sebuah cerita yang berjudul bermain kelereng. Tugas anak-anak nanti adalah untuk menemukan kalimat ajakan, perintah, penolakan dan ungkapan yang ada dalam cerita. Mari kita lihat videonya di bawah ini!

 

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1.Tulislah kalimat ajakan yang ada pada cerita! 

2.Tulislah kalimat perintah yang ada pada cerita! 

3.Tulislah kalimat penolakan yang ada pada cerita! 

4.Tulislah kalimat persetujuan yang ada pada cerita!

5.Tulislah dua ungkapan dengan artinya yang ada pada cerita!

Tulislah dengan rapi pada buku tulis kalian ya!

 
Anak-anak, pada cerita yang baru saja kita saksikan, Udin, Edo, dan Beni membawa kelereng. Udin, Edo dan Beni bermain kelereng di lapangan.
 
Udin membawa 125 kelereng
 
Edo membawa 95 kelereng
 
Beni membawa 218 kelereng
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 Selamat mengerjakan!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa!

 

 

 

 

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas : II

Tema : 1. Hidup Rukun

Subtema : 4. Hidup Rukun di Masyarakat

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menampilkan pola irama lagu Hari Merdeka dengan semangat, menemukan kalimat penolakan yang ada pada cerita dongeng, serta dapat menentukan perilaku yang sesuai sila keempat dan kelima Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak kemarin baru saja kita merayakan Hari Ulang Tahun negara kita Republik Indonesia. Dengan semangat kemerdekaan, Mari kita nyanyikan lagu Hari Merdeka seperti pada video di bawah ini.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=jaFF4v_xg5g

Wah semangat sekali ya menyanyikan lagunya!

Anak-anak sudah hafal semua lirik lagunya?

1.Untuk lebih memudahkan menghafal lagu Hari Merdeka ini, catatlah lirik lagu Hari Merdeka ! Tulis dengan rapi pada buku kalian supaya mudah dibaca dan lebih bersemangat untuk menghafalkannya.

2.Tentukan pola irama lagu tersebut dengan menyanyikannya bersama anggota keluarga di rumah. Kalian boleh bernyanyi dengan menggunakan pernak pernik yang minggu lalu sudah kita buat supaya lebih meriah.

Anak-anak bisa mengumpulkan tugas menentukan pola irama dengan benyanyi bersama anggota keluarga menggunakan video atau perekam suara ya.

Setelah kita menyanyikan lagu Hari Merdeka, mari kita lihat sebuah cerita dongeng. Bapak/Ibu guru mempunyai sebuah cerita dongeng yang berjudul Kisah Jeje si Jerapah.

Jangan lupa siapkan alat tulis kalian untuk mencatat kalimat penolakan yang ada dalam cerita.

Langsung saja kita lihat ceritanya di bawah ini.

Sumber: https://youtu.be/uZ8HqFewTlI

Wah seru sekali cerita tentang Kisah Jeje si Jerapah.

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak terhadap cerita tadi, jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Siapakah nama jerapah yang mempunyai tubuh paling tinggi?

2. Bagaimana sifat Jojo?

3. Apa yang diinginkan Kakek Jerapah kepada Jeje dan Jojo?

4. Bagaimana kalimat penolakan yang dikatakan Jeje?

5. Tulislah perilaku yang sesuai dengan sila keempat dan kelima pancasila yang kalian temui dalam kehidupan bermasyarakat pada tabel berikut! 

 Selamat mengerjakan!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa!

 

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas : II
Tema : 1. Hidup Rukun
Subtema : 4. Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : Merdeka Berkarya

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan membuat karya bebas nuansa kemerdekaan peserta didik dapat membuat karya dengan sikap tubuh yang benar; menumbuhkan semangat kemerdekaan.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Spesial menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesiayang ke-75, mari kita tumbuhkan semangat nasioanlisme kita dengan membuat pernak-pernik nuansa kemerdekaan.

Anak-anak bebas membuat karya dari bahan apapun yang dimiliki di rumah yang penting bernuansa kemerdekaan. Boleh bekerja sama dengan anggota keluarga di rumah ya!

Sebagai contoh saksikan video berikut ya!

 
 Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=w84RkamEKHo

Selamat berkaryaanak-anak! Perhatikan sikap tubuh anak-anak ketika membuat karya ya,

Semangat kemerdekaan.

Nah, sekarang saatnya anak-anak berpose dan bergaya seheboh mungkin bersama anggota keluarga di rumah.

Foto anak-anak juga boleh di edit sebagus mungkin dan kirim ke Bapak/Ibu guru ya!

Nanti foto terunik dan terheboh akan mendapatkan hadiah loh dari Bapak/Ibu guru. Yeay

Ini contoh fotonya.

 
Selamat berfoto-fotoria anak-anak. Merdeka, merdeka!

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Kelas:II 

Tema : 1. Hidup Rukun 

Subtema: 4. Hidup Rukun diMasyarakat

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mempraktikan gerak lokomotor lompat dan loncat, kemudian dapat menemukan kalimat penolakan pada cerita, serta dapat menentukan perilaku yang sesuai dengan sila ketiga dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak sebentar lagi kita akan menyambut harikemerdekaan atau Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke -75. Biasanya kita melaksanakan

banyak lomba untuk memeriahkannya, namun tahun ini akan sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena kita masih dalam keadaan pandemi yang belum berakhir. Balap karung adalah salah satu lomba yang biasa dilakukan ketika memperingati hari kemerdekaan. Gerakan dalam balap karung termasuk gerak lokomotor, mari kita lihat pada videonya.

Sumber: https://youtu.be/1ug62E5hlsY

Anak-anak, sekarang coba lakukan gerak lompat ya.

Sebelum melakukan kegiatan, ayo kita siapkan jalur lintasan sepanjang 3-5 meter sesuaikan dengan kondisi rumah kalian ya. Kemudian lakukan gerakan-gerakan berikut ini:

1. Gerak pertama: Lakukan gerak lompat ke dalam lingkaran

2. Gerak kedua: Lakukan gerak lompat ke luar lingkaran

3. Gerak ketiga: lakukan gerakan lompat berturutturut ke dalam lingkaran.

Fotolah setiap gerakan yang kalian lakukan, dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak setelah tadi kita berolah raga dengan melakukan gerak loncat dan lompat, sekarang lihat cerita yang berjudul Olahraga Bersama. Anak-anak persiapkan alat tulis kalian ya, karena anak-anak harus menemukan kalimat penolakan yang ada pada cerita ini.

Jika alat tulisnya sudah siap, mari kita lihat ceritanya!

Sumber: https://youtu.be/bMZGz8p3p6U

Setelah melihat ceritanya, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Siapakah yang mengajak berolahraga?

2. Mengapa Made menolak ajakan untuk berolahraga bersama?

3. Tuliskan kalimat penolakan yang diucapkan oleh Made!

4. Apakah sikap-sikap berikut ini sesuai atau tidak sesuai dengan sila ketiga pancasila?

Jawablah dengan memberi tanda centang (v) pada kolom yang tepat!

Jawablah dengan memberi tanda centang (v) pada kolom yang tepat!

Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima Kasih, sampai jumpa!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Kelas:II 

Tema : 1. Hidup Rukun 

Subtema: 4. Hidup Rukun diMasyarakat

 Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menemukan kalimat penolakanpada cerita, dan dapat menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak pernahkah kalian melakukan kerja bakti di lingkungan sekitar rumah? Biasanya apa saja yang kalian lakukan untuk membantu membersihkan lingkungan? Pernahkah kalian menolak melakukan sesuatu?Hari ini Bapak/Ibu guru mempunyai sebuah cerita tentang kegiatankerja bakti membersihkan lingkungan. Anak-anak temukan kalimat penolakan yang ada pada cerita ini ya. Siapkan buku catatan kalian yaaMari simak bersama ceritanya dengan klik link di bawah ini.

 

                                                       Sumber: https://youtu.be/IbPt2ToT-T0

Setelah melihat video tadi, Bapak/Ibu mempunyai tugas untuk anak-anak. 

Kerjakan dengan teliti yaa

1.Tuliskan kalimat penolakan yang ada pada cerita yang telah kalian saksikan!

2. Buatlah sebuah cerita tentang menjaga kebersihan lingkungan yang didalamnya terdapat 3 (tiga) kalimat penolakan.

Tuliskan dengan rapi pada buku tulis, kemudian kirim foto hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya!

Anak-anak setelah kemarin kita belajar tentang jumlah dan selisih, pada kegiatan ini kita kan belajar menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita langsung lihat saja contohnya pada video di bawah ini.

 

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak terhadap video tadi, jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

 
Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah  hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima Kasih, sampai jumpa!


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 Kelas:II

Tema : 1. Hidup Rukun

Subtema: 3. Hidup Rukun di Sekolah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapa tmembuat kalimat penolakan yang ada pada cerita, menentukan bahan alam dan bahan buatan dalam berkarya, serta dapat menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengair sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, kita sudah mempelajari tentang ungkapan, kalimat ajakan, dan kalimat perintah. Hari ini kita akan mempelajari tentang kalimat penolakan. Mari kita lihat penjelasan tentang kalimat penolakan ini dengan mengklik link video cerita tentang Udin Membuang Sampah di bawah ini.

Tadi kita sudah melihat kalimat penolakan yang ada dalam cerita. Untuk mengetahui pemahaman anak-anak terhadap video tadi, Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 

1. Apakah yang dimaksud dengan kalimat penolakan? 

2. Kalimat penolakan apa yang ada pada cerita Udin Membuang Sampah? 

3. Buatlah 3 kalimat penolakan dengan menggunakan kata: 

    a. Maaf

     b.Tidak

     c.Lain kali

Tulislah dengan rapi pada buku tulis kalian dan foto hasilnya,kemudian kirim kepada Bapak/Ibu guru ya!

Anak-anak setelah tadi kita melihat cerita Udin Membuang Sampah, sekarang kita lanjutkan belajarnya ya.

Tahukah kalian kita bisa memanfaatkan beberapa jenis sampah untuk membuat karya? Ada 2 jenis bahan yang dapat digunakan membuat hiasan atau berkarya. Apa saja bahan-bahan itu? Langsung saja kita lihat videonya di bawah ini.


Wah ternyata untuk membuat gambar menjadi lebih menarik tidak hanya menggunakan pewarna saja ya, bisa memanfaatkan bahan lain yang ada di sekitar kita.
  
    1. Tuliskan 3 bahan alam yang bisa dijadikan untuk menghias gambar!
    2.Tuliskan 3 bahan buatan yang bisa dijadikan untuk menghias gambar!
    3.Tentukan jumlah dan selisih kedua bilangan berikut
         a.356 dan 344
         b.508 dan 192
         c.437 dan 227
 
Kerjakan dengan teliti ya anak-anak!
Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah  hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima Kasih, sampai jumpa!
 
 
 
 
 
 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta



 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 
 
 
 
 
Kelas:II

Tema : 1. Hidup Rukun

Subtema: 3. Hidup Rukun di Sekolah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menentukan perilaku yang sesuai dengan sila keempat dan kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat menyelesaikan masalah pengurangan bilangan cacah dengan cara pendek dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengair sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, seperti biasa kita lakukan kebiasaan baik setiap hari jumat yaitu PSN. Lakukan bersama keluarga dengan selalu memperhatikan keadaan sekitar. Setelah selesai melaksanakan PSN, jangan lupa untuk membersihkan kembali tangan kita dan bersiap untuk belajar. Kita akan belajar dengan tebak-tebakan tentang pengamalan sila keempat dan kelima. Mari kita lihat videonya berikut ini!

Tuliskan perilaku yang sesuai dengan sila keempat dan kelima pancasila yang ada pada video dan yang kalian ketahui ke dalam tabel berikut!

Tulis dengan rapi pada buku tulis kalian dan foto hasilnya kemudian kirim kepada Bapak/Ibu guru ya.

Anak-anak, kita lanjutkan pembelajaran kita tentang pengurangan bilangan cacah dengan cara pendek dengan teknik meminjam. Mari kita lihat bersama caranya pada  video berikut ini.

Anak-anak lebih mudah menyelesaikan soal dengan cara panjang atau dengan cara pendek? Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

Kerjakan dengan teliti dan tulis dengan rapi pada buku tulis kalian, kirim foto hasilnya kepada Bapak/Ibu guru ya!

Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima Kasih, sampai jumpa!




Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta





































Kelas:II

Tema : 1. Hidup Rukun

Subtema: 3. Hidup Rukun di Sekolah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah pengurangan bilangan cacah dengan cara panjang, merinci kalimat perintah yang ada dalam teks cerita, serta dapat mempraktikan gerak lokomotor lari berpasangan dengan baik.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengair sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak kita sudah belajar tentang penjumlahan bilangan cara panjang dan pendek. Hari ini kita akan belajar tentang lawan dari penjumlahan, yaitu pengurangan bilangan cacah dengan cara panjang. Jika dalam penjumlahan kita mengenal teknik menyimpan, maka pada pengurangan ini kita akan menggunakan teknik meminjam. Supaya lebih jelas kita lihat video penjelasannya dengan klik link di bawah ini ya.

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak pada video pengurangan tadi, jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

Setelah mengerjakan soal tentang pengurangan bilangan cacah dengan cara panjang, mari kita lanjutkan belajar tentang kalimat perintah dalam teks dan gerakan lokomotor, yaitu lari berpasangan pada video di bawah ini. Siapkan buku untuk mencatat kalimat perintah yang ada pada teks ya!


Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan video yang telah kita saksikan.
1.Tuliskan kalimat perintah apa saja yang ada dalam teks pada video yang telah anak-anak        saksikan!
2.Lengkapi kalimat berikut menjadi kalimat perintah!
    a.. . . . kipas angin jika sudah tidak digunakan!
    b.. . . . pintu itu agar tidak ada debu yang masuk!
    c.. . . . sampah pada tempatnya!
3.Lakukanlah gerak lokomotor lari berpasangan dengan anggota keluarga di rumah!

Lakukan dengan kompak danhati-hati dalam menyamakan langkah. Kerjakan dengan teliti dan lakukan dengan hati-hati saat berlari berpasangan ya. Kirim hasil foto atau video kalian kepada Bapak/Ibu guru ya!

Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca doa setelah belajar. Terima kasih. Sampai jumpa besok!




Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta





















































Dokumen PJJ 5 Agustus 2020

Kelas:II

Tema : 1. Hidup Rukun

Subtema: 3. Hidup Rukun di Sekolah

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapatmenjelaskan hubungan gambar sila kelima dengan lambang negara, dapat membuat gambar simbol sila kelima, serta dapat menyelesaikan masalah penjumlahan dengan cara pendek dengan benar.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengair sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, kemarin kita sudah belajar tentang sila keempat pancasila, hari ini kita akan melanjutkan dengan sila terakhir dalam pancasila yaitu, sila kelima. Pada kegiatan ini, kita juga akan menggambar simbol dari sila kelima pancasila ini. Apa yang menjadi lambang dari sila kelima ini? Mari kita cari tahu jawabannya bersama dengan menyimak video di bawah ini.

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak tentang sila kelima pancasila ini, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

  1. Bagaimana bunyi sila kelima pancasila?
  2. Apakah arti padi dan kapas pada sila kelima pancasila?
  3. Bagaimana perilaku pengamalan sila kelima pancasila dalam kehidupan sehari-hari?
  4. Jika ada teman di sekolahmu yang mendapatkan musibah kebanjiran, buku-bukunya semua rusak terkena banjir, bagaimana sikap yang harus kita lakukan?
  5. Gambarlah simbol sila kelima pancasila dan warnailah supaya lebih menarik!

Setelah menjawab pertanyaan dan menggambar lambang sila kelima, kegiatan selanjutnya adalah kita akan belajar penjumlahan dengan cara pendek dengan teknik menyimpan.

Anak-anak bisa melihat dan memperhatikan penjumlahan dengan cara pendek dengan menyimak video di bawah ini.

Bagaimana menjumlahkan bilangagan cacah yang tadi sudah kita lihat? Anak-anak sudah bisa menggunakan cara pendek? Untuk mengetahui pemahaman anak-anakterhadap penjumlahan tadi, jawablah soal-soal berikut ini!

Tulis dengan rapi pada buku kalian, lalu foto dan kirimkan hasilnya kepada Bapak/Ibu guru. Selamat mengerjakan 😊

Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membantu. Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca doa setelah belajar. Terima kasih. Sampai jumpa besok!



Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta


























Dokumen PJJ Selasa, 4 Agustus 2020
Kelas : II
Tema : 1. Hidup Rukun
Subtema : 3. Hidup Rukun di Sekolah

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat membuat kalimat perintah, dan menentukan pola irama lagu 4 kata ajaib, serta menyelesaikan masalah penjumlahan dengan cara panjang bilangan cacah dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Anak-anak sudah siap belajar? Setelah kita libur Idul adha kemarin, sudah lebih semangat kan belajarnya? Hari ini, kita akan belajar tentang kalimat perintah dan menentukan pola irama dari lagu empat kata ajaib, serta kita juga akan belajar melakukan penjumlahan bilangan cacah dengan cara panjang dan cara pendek .

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini. Sebelum belajar persiapkan dengan baik alat belajar kalian masing-masing ya. Jadilah anak-anak yang mandiri dalam menyiapkan alat-alat belajar.

Anak-anak senang sekali kemarin umat muslim telah merayakan Hari Raya Idul Adha, yaitu hari raya Qurban. Hari ini kita mulai belajar lagi dengan semangat yang baru. Kita akan memulai pembelajaran dengan menyimak video tentang empat kata ajaib dan kalimat perintah. Langsung saja kita lihat videonya di bawah ini ya!

Sumber: https://youtu.be/4cOdthIV2vs
Nah anak-anak pentingnya empat kata ajaib diucapkan dalam kehidupan sehari-hari kita, agar hidup kita menjadi rukun dan damai.

Tugas untuk hari ini:
Anak-anak tentukan pola irama sambil bernyanyi empat kata ajaib tadi bersama dengan anggota keluarga ya. Kalian boleh melakukannya sambil bertepuk tangan, supaya lebih bersemangat.

Kemudian jawablah pertanyaan di bawah ini pada buku tulis!
1. Kalimat perintah apa saja yang ada dalam video?
2. Buatlah 3 kalimat perintah yang baik dan benar.

Jangan lupa perhatikan penulisan huruf kapital dan tanda bacanya ya.

Setelah bernyanyi dan membuat kalimat perintah, kegiatan selanjutnya adalah kita akan belajar penjumlahan dengan cara panjang.
Anak-anak bisa melihat dan memperhatikan penjumlahan dengan cara panjang dengan menyimak video di bawah ini.

Sumber: https://youtu.be/uAI4v0Rgj0Y
Bagaimana menjumlahkan bilangagan cacah yang tadi sudah kita lihat?
Anak-anak sudah bisa menggunakan cara panjang?
Untuk mengetahui pemahaman anak-anak terhadap penjumlahan tadi, jawablah soal-soal
berikut ini!

Tulis dengan rapi pada buku kalian, lalu foto dan kirimkan hasilnya kepada Bapak/Ibu guru yaa 😊

Ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Sampai jumpa!


Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Posting Komentar

0 Komentar