Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

Halo Sahabat Rumah Belajar di manapun berada…salam Rumah Belajar. Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Hari ini adalah hari pertama dari rangkaian kegiatan dalam Kuliah Umum Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 4: Berbagi.  Kegiatan kuliah umum ini akan berlangsung selama 1 minggu, mulai tanggal 14 September 2020 sampai dengan 18 September 2020.

Apa, mengapa, dan bagaimana kegiatan ini diselenggarakan?

Kuliah Umum Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 4: Berbagi ini diselenggarakan dalam rangka memberikan bekal bagi para guru yang telah menjadi Sahabat Rumah Belajar setelah lulus level  3 PembaTIK, lalu terpilih mewakili masing-masing provinsi untuk mengikuti Kegiatan PembaTIK level 4: Berbagi.  Namun demikian kuliah umum ini tidak hanya dapa diikuti oleh Sahabat Rumah Belajar (SRB), tetapi juga dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. Kuliah umum ini diselenggarakan secara virtual via zoom meeting dan disiarkan live streaming di kanal youtube Kementerian Pendidikan.

Di hari pertama kegiatan PembaTIK ini, acara dibuka dan diresmikan oleh Bapak Menteri Pendidikan, Bapak Nadiem Makarim. Beliau menyampaikan rasa bangganya terhadap kegiatan PembaTIK yang merupakan ajang pelatihan guru dalam pembelajaran digital. Kegiatan PembaTIK yang mengalami peningkatan peserta sebanyak 1000% dibanding 2 tahun lalu, menjadi kebanggaan tersendiri dan menjadi sinyal bahwa semakin banyak guru yang ingin meningkatkan kemampuan dan kompetensi TIK nya melalaui pelatihan PembaTIK ini sehingga terwujud Merdeka Belajar.

Plt Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemdikbud, M. Hasan Chabibie, ST., M.Si. memberikan laporan kegiatan PembaTIK Tahun 2020. Dilaporkan jumlah peserta PembaTIK Level 4 terdiri dari 1.020 peserta. Yaitu terdiri dari 30 peserta terpilih per provinsi di Indonesia. Selain itu beliau juga menyampaikan  bahwa Rumah Belajar berhasil mendapat juara ke 3 kategori Influencer Marketing Implementation pada Indonesian Content Marketing Awards 2020 dengan adanya konsep Duta Rumah Belajar.

Pada Kuliah Umum PembaTIK level 4 ini diberikan bekal kepada peserta untuk mampu memiliki kemampuan peserta untuk berbagi kemampuan TIK yang dimiliki melalui sosial media, video,tulisan, dan  video conference. Bagi peserta yang ingin mengikuti ini dapat mendaftar di:

https://belajar.kemdikbud.go.id/kuliahumum/

Kegiatan ini juga ditujukan untuk menyampaikan rasa duku cita mendalam atas wafatnya alm. Bapak Hendriawan Widiatmoko (Sub Koordinator Perancangan Aplikasi Substansi Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran). Almarhum merupakan sosok yang sangat berdedikasi dan teramat banyak jasa-jasa beliau di dunia pendidikan, khususnya bagi Rumah Belajar.

Kemudia acara ditutup dengan penjelasan teknis terkait kegiatan Pembatik Level 4 oleh Pusdatin. Peserta diberikan pembekalan dalam mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan pada PembaTIK Level 4 agar peserta  dapat menyelesaikan kegiatan PembaTIK Level 4 ini.

Demikian kuliah umum pertama PembaTIK Level 4: Berbagi, untuk sahabat yang ketinggalan belum menyaksikan seperti apa kuliah umum di hari pertama ini, sahabat tak usah khawatir. Kegiatan ini juga ditayangkan ulang di berbagai media sosial milik Kemdikbud, dan dapat menyimak kembali tayangan pembukaan Kuliah Umum Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 4: Berbagi, “Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar”.  Sahabat bisa juga kunjungi kanal youtube Rumah Belajar Kemdikbud dan Kemendikbud RI.

Bagaimana Sahabat? Seru ya kegiatan PembaTIK 2020 ini. Jangan sampai ketinggalan di kegiatan berikutnya ya, karena kuliah umum ini akan diselenggarakan selama 1 pekan. Jangan lupa follow media sosial Rumah Belajar agar Sahabat tidak ketinggalan info-info serunya ya…. Follow IG: @belajar.kemdikbud FB: https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar YouTube: Rumah Belajar Kemendikbud

 Salam Rumah Belajar!

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia!

Posting Komentar

0 Komentar