RUMAH BELAJAR SOLUSI BDR


R U M A H   B E L A J A R

https://belajar.kemdikbud.go.id/

 



Halo Sahabat Rumah belajar di manapun berada...Apa kabar? Semoga sahabat semua dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu ceria.

Bagaimana dengan kegiatan BDR ( Belajar Dari Rumah) Sahabat Rumah Belajar semua? Semakin hari semakin jenuh atau semakin menyenangkan? Semoga semakin menyenangkan ya...

Semua pihak baik orangtua, guru, dan peserta didik 'terpaksa' menyelenggarakan moda pembelajaran jarak jauh ini dan berharap pandemi covid-19 segera berakhir dan dapat kembali ke sekolah. Situasi belajar dari rumah tentu sangat berbeda dengan di kelas. 

Ketika di kelas, guru dengan mudah memberikan instruksi kepada peserta didiknya langsung bertatap muka, saling bertanya jawab sehingga meudah pula mendeteksi siapa-siapa di antara peserta didik yang belum memahami materi pembelajaran dan siapa-siapa yang sudah memahaminya. Namun ketika pembelajaran diselenggarakan dari rumah, semua terasa berbeda. Tak mudah bagi guru untuk menyampaikan instruksi sehingga peserta didiknya mudah memahami dan sesuai dengan kehendak guru. Pemilihan moda pembelajaranpun menjadi masalah lain ketika harus mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari pertimbangan keadaan ekonomi orangtua peserta didik yang mungkin tak sanggup menyediakan gawai yang menjadi alat utama dalam pembelajran jarak jauh, hingga masalah penyampaian materi kepada peserta didik yang beragam.

Dari sisi orangtua, tentu juga sangat mengharapkan situasi pandemi ini segera berlalu dan putra-putrinya dapat kembali ke sekolah sehingga. Apalagi bagi orangtua yang dua-duanya bekerja. Tentu saja belajar dari rumah menjadi hal yang cukup berat untuk dijalani. Pun bagi peserta didik yang 'tak biasa' belajar didampingi (diawasi) orangtua sebagai ganti grurunya.

Tapi, tahukah Sahabat Rumah Belajar semua bahwa ada solusi yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan untuk mengatasi masalah-masalah pembelajaran daring ini? Kementerian Pendidikan telah meluncurkan Portal Rumah Belajar, bahkan jauh-jauh hari sebelum pandemi covid-19 melanda negeri ini. Portal Rumah belajar menyediakan fitur-fitur yang lengkap yang dapat menghadirkan sekolah ke rumah para peserta didik. Portal Rumah Belajar ini selain memiliki Kelas Maya yang memungkinkan guru dan peserta didik serta orangtua dapat berinteraksi, juga menyediakan Laboratorium Maya di mana peserta didik dapat melakukan praktikum Laboratorium secara virtual. Selain itu, di portal Rumah Belajar juga disediakan Game Edukasi melalui menu Edugame yang pasti akan sangat menyenangkan bagi para peserta didik sehingga tidak merasa bosan ketika belajar.

Penasaran? Segera kunjungi portalnya ya di https://belajar.kemdikbud.go.id/

Dengan Portal Rumah Belajar ini, belajar menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Belajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.






Posting Komentar

1 Komentar