Motivasi Guru Dalam Mendidik: Belajar dan Mengajar

 


Halo Sahabat Rumah Belajar….

Sampailah kita di Kuliah Umum PembaTIK Level 4: Berbagi, Selasa, 15 September 2020 pukul 10.30 – 12.00 WIB oleh aktivis pendidikan dan pendiri Sokola Rimba, Butet Manurung. Beliau menceritakan pengalamannya mengajar di Sokola Rimba.

Sokola Rimba memiliki cara belajar yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Sekolah formal tidak selalu cocok di beberapa tempat karena sekolah formal tidak mengajarkan kemampuan yang sesuai dengan kondisi masyarakat sekitarnya.

Anak-anak Sokola Rimba mengenal ribuan tanaman, membaca tanda alam, dan lain-lain. Pendidikan masyarakat di sini dipandang sebagai alat memecahkan masalah. Masyarakat masih kuat menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat.

Butet menyampaikan bahwa seorang guru harus belajar dulu sebelum mengajar. Dalam mengajar, guru mempunyai tanggung jawab sosial yang diembannya. Mengajar sesuai dengan adat budaya setempat.

Kuliah Umum sesi bersama Butet Manurung ini disiarkan juga pada kanal youtube Rumah Belajar Kemdikbud atau kanal youtube Kemdikbud RI.

Seru ya Sahabat….semoga kisah pengalaman yang disampaikan beliau dapat memotivasi kita. Bagi yang belum nonton, silakan follow dan kunjungi:

FB: https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar

YouTube: Rumah Belajar Kemendikbud

IG: @belajar.kemdikbud

 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia!




Posting Komentar

0 Komentar